NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan
dan satuannya atau penggunaan alat
ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan konsep
zat dan kalor serta
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan konversi suhu pada termometer.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak,
gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait
dengan
tekanan pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami konsep-konsep
dan penerapan, getaran,
gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan
sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat
cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan
cermin/lensa atau penerapan
alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik
dinamis dalam suatu
rangkaian (seri/paralel,
Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-
kutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa
induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap
matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
|
8.
|
Memahami klasifikasi zat serta
|
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
|
Kompetensi–Standar Isi–2014-2015
5
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
perubahannya.
|
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia
|
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu
serta perubahannya.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan ciri-ciri
dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-
cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam
lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan
kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan sistem
organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim- enzim yang berperan
pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)
pada tumbuhan.
|
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan- percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar