Rabu, 08 April 2015

KEANEKARAGAMAN SERANGGA DI PADANG RUMPUT

KEANEKARAGAMAN SERANGGA DI PADANG RUMPUT
TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUS (TIK) :
Mahasiswa mampu mengaplikasikan indeks keanekaragaman Kennedy dalam men­duga keanekaragaman hayati hewan bergerak di ekosistem padang rumput.
DASAR TEORI :
Keanekaragaman hayati” merupakan kekayaan hidup organisme di bumi, berupa tumbuhan, hewan, mikroorganisme, dan genetika yang dikandungnya, serta ekosistem yang dibangunnya menjadi lingkungan hidup. Jadi keanekaragaman hayati harus dilihat dari tiga tingkatan yaitu tingkatan variasi genetik, variasi spesies, dan variasi habitat atau ekosistem.
Keanekaragaman species mewakili aneka ragam adaptasi evolusi dan ekologi suatu spesies pada lingkungan tertentu. Keanekaragaman spesies menyediakan bagi manusia sumber daya alternatifnya; contohnya, hutan hujan tropik dengan aneka variasi spesies yang menghasilkan tumbuhan dan hewan yang dapat digunakan untuk makanan, tempat bernaung dan obat-obatan.
Kecara umum dapat dikatakan bahwa untuk menentukan Indeks keanekaragaman suatu komunitas, sangat diperlukan pengetahuan / keterampilan dalam mengidentifikasi hewan. Pada dasarnya, jumlah hewan yang berada di daerah tropis jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan daerah temperata dan daerah beriklim dingin. Bagi seseorang yang sudah terbiasa pun, melakukan identifikasi hewan sering membutuhkan waktu yang lama, apalagi bagi yang belum terbiasa. Karena itu untuk kajian dalam komunitas dan indeks ke­anekaragaman, sering didasarkan pada kelompok hewan, misalnya familia, ordo atau kelas dan hal ini pun dibutuhkan cukup keterampilan dan pengalaman.
Untuk beberapa tujuan yang praktis, ada suatu cara penentuan untuk menduga in­deks keanekaragaman suatu habitat / komunitas, tanpa harus mengetahui nama masing­masing jenis hewan dan kelompok hewan. Kemampuan yang diperlukan hanya menyata­kan, apakah kedua jenis hewan sama atau tidak / berbeda. Metode itu dikemukakan oleh Kennedy (1977).
LATIHAN 9
INDEKS KEANEKARAGAMAN SERANGGA
DI PADANG RUMPUT
A. TUJUAN PRAKTIKUM
1.         Menentukan indeks keanekaragaman serangga yang terdapat di padang rumput de­ngan menggunakan indeks Kennedy.
2.         Melatih keterampilan mahasiswa dalam menerapkan teknik-teknik sampling orga­nisme dan rumus-rumus sederhana dan cepat dalam memprediksi keadaan suatu komunitas
B. ALAT DAN BAHAN
Alat dan Bahan yang digunakan sebagaibeñkut :
1.         Ether                                                           5. Mikroskop Stereo
2.         Alkohol 70 %                                           6. Botol Sampel
3.         Botol Pembunuh                        7. Petridish
4.         Pinset                                  8. Sweeping Net (Perangkap Serangga)
C. CARA KERJA
1.         Pilihlah lokasi di padang rumput yang ada di sekitar kampus, kemudian lakukan pe­nangkapan serangga dengan menggunakan jaring serangga.
2.         Ayunkan ke kiri dan ke kanan sweeping net di permukaan padang rumput, setiap anda melangkah 1 kali ayunan, lakukan 2030 ayunan (20-30 langkah).
3.         Gulung jaring sweeping net agar serangga tidak lepas, kemudian masukkan keda­lam botol pembunuh yang berisi ether secukupnya dengan kapas. Biarkan seben-tar sampai serangga mati, kemudian masukkan kedalam botol sampel.
4.         Lakukan penjaringan serangga dengan sweeping net sebanyak 5-10 kali pada lokasi yang berbeda di padang rumput.
5.         Di laboratorium, lakukanlah pengamatan dan perhitungan dibawah mikroskop ste­reo.
6.         Usahakan serangga tadi diambil satu per satu secara acak, kemudian letakkan pada petridish yang berada dibawah mikroskop dan amati.
7.         Amati serangga no. 1, kemudian pada lembar kerja berilah tanda +, ambillah se­rangga no.2 dan letakkan berdampingan dengan serangga no.1 dan amati. Jika se­rangga no.2 berbeda dengan no.1 beri tanda + pada lembar kerja, tetapi apabila sama, maka beri tanda 0 pada lembar kerja.
8.         Masukkan serangga no. 1 kembali kedalam botol yang lain, kemudian lanjutkan pengamatan dengan mengambil sampel no.3, lakukanlah seperti point 7 sampai semua sampel teramati.
9.         Perhatikan bahwa tiap serangga yang diambil hanya dibandingkan dengan hewan sebelumnya.
10.            Setelah selesai pengamatan sampel, lakukanlah perhitungan indeks keanekara­gaman atau indeks diversitas (I.D) Kennedy :
𝑰𝑵𝑫𝑬𝑲𝑺 𝑲𝑬𝑵𝑵𝑬𝑫𝒀 = 𝑱𝒖𝒎𝒍𝒂𝒉 𝒕𝒂𝒏𝒅𝒂+
𝑱𝒖𝒎𝒍𝒂𝒉 𝒔𝒂𝒎𝒑𝒆𝒍 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒅𝒊𝒂𝒎𝒂𝒕𝒊
11.  Lakukan pengamatan beberapa kali dan ambil harga rata-ratanya.
D.         HASIL DAN PEMBAHASAN
Buatlah seluruh data hasil pengamatan yang diperoleh dalam bentuk tabel, dis­kukanlah dengan teman kelompoknya untuk membuat pembahasan hasil pengamatan dan tariklah kesimpulan bila memungkinkan. Bila mengalami kesusahan mintalah pe­tunjuk dari dosen dan asisten yang mengawas praktikum di laboratorium.



Tidak ada komentar: